4 Bahan alami yang bisa menghilangkan bau ketiak

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Keluarnya keringat adalah hal yang biasa karena berguna untuk mendinginkan suhu tubuh. Namun, keluarnya keringat akan menimbulkan bau tak sedap saat sudah terkontaminasi dengan bakteri. Ada banyak cara menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda lakukan.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti cuka apel. Cuka apel berguna untuk melawan serangan bakteri penyebab bau ketiak dan menyeimbangkan pH kulit. Anda hanya perlu mengoleskan cuka apel pada ketiak menggunakan kapas.

Setelah itu, diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit kemudian bilas menggunakan air. Tidak hanya cuka apel, masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi bau ketiak. Mulai dari baking soda, lemon, dan lain sebagainya.

Lemon

Mengutip dari Femina India (femina.in), kandungan dalam lemon berguna untuk menurunkan pH kulit sehingga bakteri penyebab bau bisa teratasi. Pertama, potong lemon jadi dua bagian lalu gosokkan pada masing-masing ketiak. Biarkan air lemon pada ketiak mengering agar bau ketiak bisa hilang.

Cara menghilangkan bau ketiak juga bisa Anda lakukan dengan mencampurnya bersama tepung jagung. Campur 1 sdm tepung jagung dengan 2 sdm air lemon. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada ketiak lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air.

Baca Juga: Begini cara menghilangkan bau badan dan bau mulut dengan daun sirih

Baking Soda

Sama seperti bahan lainnya, baking soda mampu menetralkan pH kulit dan melawan bakteri. Tak hanya itu, baking soda pun mampu menyerap keringat secara maksimal. Caranya, campur 1 sdm baking soda dengan air lemon hingga berbentuk pasta.

Gunakan pasta tersebut pada kaki selama lima menit kemudian bilas dengan air. Selain di ketiak, cara tersebut juga bisa Anda lakuka pada kaki dan selangkangan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga: Pakai bahan alami, inilah cara menghilangkan bulu ketiak

Teh

Teh memiliki kandungan bernama tannin yang dapat mengurangi produksi keringat sehingga kulit tetap kering dan bau ketiak pun dapat berkurang. Anda hanya perlu merebus teh hijau kemudian diamkan dulu sampai tidak terlalu panas. Gunakan teh hijau itu pada ketiak.

Tomat

Salah satu cara menghilangkan bau ketiak adalah dengan menggunakan tomat.

Gunakan tomat sebagai cara menghilangkan bau ketiak. Femina India mengatakan bahwa tomat mengandung antiseptik alami yang dapat melawan bakteri penyebab bau ketiak. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak tomat pada ketiak selama 10 menit lalu bilas dengan air.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *