Bahan alami ini cocok jadi obat sakit gigi berlubang

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang dapat membuat Anda tidak nyaman. Bahkan, kegiatan Anda sehari-hari pun dapat terganggu. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengonsumsi obat sakit gigi berlubang.

Selain minum obat sakit gigi yang dijual di apotek, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada dalam rumah Anda. Tak hanya meredakan nyeri, bahan alami juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi bakteri dan mengurangi peradangan.

Bahan-bahan alami cocok dipakai sebagai obat sementara. Jika rasa sakit tak kunjung hilang, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Es Batu

Mengutip dari Klement Family Dental (stpetedentist.com), es batu bisa digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akibat sakit gigi. Caranya, balut es batu dengan kain lalu aplikasikan pada gigi yang bermasalah. Lakukan cara tersebut selama 15 menit.

Selain cara tersebut, sakit gigi juga bisa diatasi dengan mengulum es batu selama beberapa detik. Namun, pastikan untuk tidak memecah es batu menggunakan gigi karena justru bisa membuat gigi bermasalah.

Baca Juga: 4 Penyebab gusi bengkak pada anak, jangan panik!

Air Garam

Kumur dengan air garam bisa jadi salah satu obat sakit gigi berlubang.

Obat sakit gigi berlubang selanjutnya yang cukup efektif adalah berkumur dengan air garam. Cara tersebut mampu membersihkan sisa makanan yang masih menempel di sela gigi. Selain itu, berkumur dengan air garam juga mampu mengatasi peradangan dan infeksi.

Anda hanya perlu melarutkan ½ sdt garam ke segelas air hangat. Gunakan larutan itu untuk berkumur selama beberapa menit. Ulangi cara itu beberapa kali dalam sehari sampai rasa sakit berkurang atau tak lagi Anda rasakan.

Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang berguna sebagai obat sakit gigi berlubang adalah bawang putih. Anda bisa menumbuk bawang putih terlebih dahulu sebelum mengaplikasikannya pada gigi yang bermasalah. Atau mengunyah bawang putih segar secara langsung.

Baca Juga: Catat, ini penyebab dan cara mengatasi gusi bernanah

Kantung Teh

Klement Family Dental mengatakan bahwa Anda bisa memakai kantung teh dingin atau hangat untuk mengatasi sakit gigi. Jika Anda ingin memakai kantung teh dingin, letakkan kantung teh dalam kulkas terlebih dahulu.

Jika Anda ingin memakai kantung teh hangat, jangan lupa untuk mendinginkannya sebentar setelah Anda merebusnya. Salah satu jenis teh yang bisa Anda gunakan adalah peppermint karena mampu melawan bakteri secara lebih maksimal.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *