4 Cara terbaik mengecilkan pori-pori yang perlu Anda coba

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Pori-pori merupakan jalur keluarnya minyak dan keringat dari dalam tubuh. Saat ukurannya membesar, Anda akan lebih rentan mengalami komedo, jerawat, dan masalah kesehatan kulit lainnya. Untuk mengatasi itu, cobalah berbagai cara mengecilkan pori-pori.

Saat ukuran pori-pori mengecil, sebum yang dihasilkan kulit Anda tak terlalu banyak sehingga kulit berminyak Anda bisa teratasi dengan baik. Tak hanya itu, ukuran pori-pori yang kecil membuat risiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari menurun.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mendapat manfaat itu. Salah satunya adalah dengan minum banyak air putih supaya tubuh tidak dehidrasi dan tubuh bisa mengeluarkan zat racun lebih banyak. Selain itu, tentu saja masih banyak cara lain yang bisa Anda coba.

Bersihkan Wajah

Mengutip dari Healthline (healthline.com), pori-pori bisa mengecil jika Anda membersihkan wajah secara rutin. Jika Anda memiliki tipe kulit berminyak, cobalah untuk memakai sabun cuci wajah gel. Sedangkan untuk tipe kulit normal dan kering, Anda bisa memakai sabun cuci wajah dalam bentuk krim.

Hindari memakai sabun cuci wajah yang mengandung scrub karena justru membuat pori-pori semakin besar. Selain rajin memakai sabun cuci wajah yang sesuai dengan tipe kulit, pastikan untuk tidak menggunakannya terlalu kasar karena bisa mengiritasi kulit wajah.

Baca Juga: Tips atasi kulit kusam dengan 3 masker alami yang mudah dibuat

Pakai Pelembab

Cara mengecilkan pori-pori yang tidak boleh Anda lupakan adalah tetap memakai pelembab, meski Anda memiliki tipe kulit berminyak. Pelembab membantu minyak alami masuk ke lapisan kulit dalam sehingga produksi minyak pun berkurang.

Gunakan Clay Mask

Selain memakai pelembab, Healthline merekomendasikan penggunaan clay mask secara rutin. Clay mask mampu membersihkan kotoran, minyak berlebih, dan sel kulit mati. Dengan begitu, pori-pori akan terlihat lebih kecil dan tidak rentan tersumbat.

Anda bisa memakai clay mask sekali hingga dua kali dalam seminggu. Namun, pastikan untuk tidak memakainya di hari yang sama dengan jadwal eksfoliasi. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menurunkan risiko iritasi kulit.

Baca Juga: 4 Manfaat putih telur untuk wajah terbaik yang bisa Anda dapat

Oleskan Sunscreen

Selain beberapa hal di atas, mengoleskan sunscreen juga bisa jadi cara mengecilkan pori-pori yang perlu Anda coba. Tak hanya dapat menyebabkan kanker dan kerutan, paparan sinar matahari dapat membuat kulit kering.

Akibatnya, kulit memproduksi minyak lebih banyak sehingga pori-pori terlihat lebih besar. Gunakan sunscreen dengan minimal 30 SPF 15 menit sebelum melakukan kegiatan di luar ruangan. Aplikasikan sunscreen lagi jika Anda melakukan kegiatan tersebut dalam jangka waktu lama.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *