Waspada, inilah faktor yang menyebabkan gusi berdarah

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Apakah Anda sering mengalami gusi berdarah? Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya kondisi itu. Mulai dari faktor serius hingga faktor sepele, seperti penggunaan sikat gigi yang kurang benar. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa lebih mudah menghentikan pendarahan pada gusi.

Faktor lain yang menyebabkan masalah pada gusi adalah perubahan hormon dalam tubuh Anda. Ibu hamil dan wanita yang mengalami menstruasi lebih rentan mengalami masalah tersebut. Namun, Anda tidak boleh mengabaikan pendarahan pada gusi Anda.

Kondisi itu bisa diakibatkan oleh kondisi kesehatan Anda yang terganggu. Misalnya, Anda mengalami gingivitis, periodontitis, diabetes, dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami kondisi tersebut, segera periksakan diri ke dokter agar mendapat perawatan yang sesuai.

Gingivitis

Web MD (webmd.com) mengatakan bahwa gusi berdarah bisa disebabkan karena adanya gingivitis. Gingivitis adalah kemunculan plak di antara gusi dan gigi. Kondisi tersebut menyebabkan gusi mudah bengkak sehingga iritasi pun tak bisa Anda hindari.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gingivitis. Mulai dari menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari, menggunakan obat kumur, dan rajin berkonsultasi dengan dokter. Cara tersebut efektif menghentikan gusi yang mudah berdarah.

Baca Juga: Catat, ini penyebab dan cara mengatasi gusi bernanah

Periodontitis

Jika gingivitis terus diabaikan dan tak mendapat perawatan yang sesuai, kondisi itu bisa berkembang menjadi periodontitis. Periodontitis adalah penyakit yang menyerang jaringan dan tulang penyangga gigi Anda.

Tak hanya menimbulkan peradangan, periodontitis juga dapat menyebabkan gigi tercabut dari akarnya. Tidak menutup kemungkinan bahwa periodontitis dapat menyebabkan semua gigi Anda terlepas. Selain itu, periodontitis juga dapat menyebabkan bau mulut Anda menjadi tak sedap.

Diabetes

Diabetes bisa jadi salah satu penyebab gusi berdarah.

Tahukah Anda bahwa gusi berdarah juga dapat disebabkan oleh diabetes? Penyakit tersebut membuat gusi tak cukup kuat untuk melawan kuman sehingga infeksi pun mudah terjadi. Hal itu bisa semakin parah karena jumlah gula darah berlebih membuat proses penyembuhan menjadi lebih lama.

Baca Juga: Catat, ini 4 cara terbaik mengatasi gusi berdarah

Leukimia

Selain diabetes, leukimia jadi masalah kesehatan selanjutnya yang menyebabkan gusi Anda lebih mudah bengkak dan berdarah. Mengutip dari Web MD, leukimia menyebabkan tubuh kekurangan trombosit. Hasilnya, penggumpalan darah pun lebih sulit terjadi.

Kekurangan Vitamin C

Penyebab penyakit gusi lainnya adalah saat tubuh Anda kekurangan vitamin C. Hal itu disebabkan karena vitamin C berfungsi untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, menguatkan tulang dan gigi, serta menyembuhkan luka.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *