Catat, penyebab benjolan di bawah dagu ini bisa Anda alami

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Benjolan bisa muncul di bagian tubuh mana pun, tak terkecuali bagian bawah dagu. Meski tak berbahaya, benjolan di bawah dagu tetap perlu Anda perhatikan agar kesehatan Anda terjaga. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan hal itu.

Beberapa faktor penyebab benjolan adalah bisul, abses, kista, tumor jinak, dan lain sebagainya. Karakteristik benjolan yang dialami tiap orang pun berbeda-beda. Ada yang memiliki benjolan keras, tapi ada pula yang teksturnya lunak.

Jika benjolan yang Anda alami menyebabkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan perawatan sesuai dengan kondisi dan penyebab benjolan.

Infeksi

Mengutip dari Healthline (healthline.com), benjolan bisa muncul akibat infeksi virus dan bakteri yang membuat kelenjar getah bening di bagian bawah dagu membengkak. Kondisi tersebut merupakan hal yang umum terjadi.

Baca Juga: Catat, ini penyebab dan cara mengatasi gusi bernanah

Apalagi karena kelenjar getah bening adalah salah satu komponen dalam sistem imun tubuh yang melindungi Anda dari penyakit. Selain kemunculan benjolan, infeksi juga bisa mengakibatkan rasa sakit saat Anda menelan, demam, kelelahan, muncul keringat dingin, dan lain sebagainya.

Kanker

Benjolan di bawah dagu juga bisa disebabkan karena pertumbuhan sel kanker, lo. Biasanya, kanker menyebabkan benjolan memiliki tekstur yang keras dan terasa sakit saat dipegang. Beberapa gejala lain yang perlu Anda perhatikan adalah rasa sakit tidak mudah hilang, sulit menelan, dan perubahan suara.

Kista

Healthline mengatakan bahwa benjolan yang muncul di bawah dagu bisa disebabkan karena adanya kista. Kista adalah kantung berisi cairan yang terletak di bawa kulit. Umumnya, kista memiliki tekstur yang lunak dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Baca Juga: Benjolan di selangkangan bisa disebabkan oleh 4 hal ini

Meski demikian, Anda tetap merasa tidak nyaman karena kemunculannya. Apalagi saat kista mulai muncul di permukaan kulit. Anda bisa mengalami iritasi, peradangan, dan infeksi sehingga Anda memerlukan pertolongan medis.

Penyebab Lainnya

Selain penyebab-penyebab di atas, benjolan di bawah dagu masih bisa disebabkan karena faktor lainnya. Mulai dari jerawat, alergi makanan, kecelakaan, hematoma, gigitan serangga, hingga jenis obat tertentu yang sedang diminum.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *