4 Manfaat infused water belimbing untuk kesehatan bila diminum secara rutin

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Buah belimbing dipercaya mampu menurunkan darah tinggi. Ini manfaat infused water belimbing untuk kesehatan bila diminum secara rutin. 

Sekitar 65% tubuh manusia terdiri dari air. Asal tahu saja, air memiliki peran penting dalam pembentukan berbagai cairan tubuh. 

Baca Juga: 5 Manfaat infused water jeruk nipis untuk kesehatan bila diminum secara rutin

Selain itu, tubuh memerlukan air untuk proses pencernaan, mengatur suhu tubuh, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan lainnya. 

Maka dari itu Anda sebaiknya minum air sekitar 8 gelas perhari. Bila bosan minum air, Anda bisa mencampurkan buah-buahan ke dalam air agar terasa lebih segar dan nikmat. 

Salah satu buah yang bisa Anda campurkan dengan air adalah belimbing. Minuman tersebut sering disebut dengan infused water belimbing. 

Buah belimbing cukup mudah ditemukan di pasar tradisional sampai pasar modern. Harga buah belimbing pun terbilang cukup terjangkau. 

Melansir buku berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat Ampuh Mengatasi Hipertensi, Diabetes, Kanker, & Gangguan Ginjal karya, Desty Ervira Puspaningtyas,S.Gz., Yunita Indah Prasetyaningsrum, S.Gz, buah belimbing mengandung vitamin A dan vitamin C. 

Selain itu, buah belimbing juga mengandung pektin, kalium, magnesium, serat, dan rendah natrium. 

Manfaat infused water belimbing

Infused water jadi solusi untuk Anda yang sering merasa bosan minum air. 

Infused water belimbing memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bila diminum secara rutin.

Berikut manfaat infused water belimbing untuk kesehatan Anda. 

1. Darah tinggi 

Anda penderita darah tinggi? Infused water belimbing baik untuk Anda minum. Sebab, kandungan kalium dalam buah belimbing berperan untuk menurunkan tekanan darah. 

Tidak hanya itu, kalium juga melancarkan aliran oksigen ke otak. 

2. Kolesterol 

Anda wajib waspada bila kadar kolesterol dalam tubuh tinggi. Sebab, bila dibiarkan kolesterol akan memicu munculnya komplikasi penyakit. 

Infused water belimbing bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebab, buah belimbing mengandung pektin yang bisa mengikat kolesterol dan mengeluarkannya melalui feses. 

3. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Infused water belimbing mengandung vitamin A dan C yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu kandungan tersebut juga bisa menangkal radikal bebas. 

4. Sariawan

Kandungan vitamin C dalam infused water belimbing bisa mengobati dan mencegah sariawan. 

Anda mulai tertarik untuk minum infused water belimbing secara rutin? 

Membuat infused water belimbing cukup mudah. Anda cukup siapkan buah belimbing matang dan segar sebanyak 150 gram dan air matang 500 ml. 

Anda cuci dan potong buah belimbing lalu masukkan ke dalam botol air. Anda simpan infused water belimbing di dalam kulkas selama 4-5 jam. 

Setelah itu, Anda bisa minum infused water belimbing. 

Baca Juga: Ini manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *