Patuhi 3M, Yuk Gunakan Masker Secara Benar

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Satgas Penanganan Covid-19 tidak bosan-bosannya mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan. Protokol kesehatan 3M merupakan hal sederhana yang sangat berguna mencegah penularan Covid-19.

Dengan mencegah penularan, maka peningkatan kasus corona (Covid-19) dapat ditekan. Apabila jumlah kasus menurun, maka tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit dapat diantisipasi. Masyarakat pun dapat melindungi sahabat, serta keluarga hanya dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Mengapa hal-hal sederhana ini tidak anda jalankan? Pertanyaan ini wajib kita tanyakan kepada diri masing-masing, apakah protokol kesehatan memang lebih sulit dibandingkan dengan kehilangan orang yang kita kasihi untuk selama-lamanya. Saya rasa jawabannya pasti tidak,” Wiku mengawali agenda keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (12/1). 

Hal tersebut secara langsung berdampak negatif pada keseluruhan penanganan di rumah sakit tersebut. Apabila penularan terus meningkat sehingga menyebabkan rumah sakit penuh, maka sangat berpotensi menaikkan angka kematian akibat Covid-19.

Salah satu hal penting adalah penggunaan masker dengan benar. Berikut ini sejumlah hal mengenai panduan penggunaan masker yang benar menurut World Health Organization (WHO), seperti diinformasikan dalam website Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

  1. Bersihkan tangan sebelum memakai masker.
  2. Periksa apakah ada sobekan atau lubang pada masker, jangan gunakan masker rusak.
  3. Pakai masker dengan hati-hati, pastikan menutup mulut dengan hidung, pasang masker dengan kencang untuk meminimalisasi jarak antara masker dan wajah.
  4. Hindari menyentuh masker saat sedang dipakai. Lepas masker dari belakang, jangan menyentuh bagian depan masker.
  5. Jika masker lembab, ganti masker dengan masker yang baru dan kering.
  6. Buang masker atau simpan masker di dalam kantong plastik yang dapat ditutup rapat. Jangan simpan masker di lengan atau pergelangan tangan atau menarik masker ke dagu atau leher.
  7. Segera bersihkan tangan setelah membuang masker.
  8. Jangan menggunakan kembali masker sekali pakai.
  9. Segera buang masker sekali pakai dengan tepat setelah digunakan.
  10. Jangan melepaskan masker saat berbicara.
  11. Masker yang sama jangan dipakai bergantian dengan orang lain.
  12. Cuci masker kain dengan sabun atau detergen menggunakan air panas (minimal 60 derajat celsius) atau cuci masker dengan sabun/detergen, kemudian rendam masker dalam air mendidih selama 1 menit.

Lewat hal yang sederhana tersebut, kita sudah berupaya membentengi diri dan keluarga kita dan penularan Covid-19. Upaya memerangi Covid-19, haruslah datang dari diri kita masing-masing.

“Saya ingin sekali lagi mengingatkan, kepada masyarakat dan pemerintah daerah, terutama yang masih meremehkan Covid-19. Jangan sampai kita menjadi abai, dan menganggap angka (Covid-19) yang disampaikan ini hanya sekedar angka. Ingatlah, bahwa angka-angka ini merepresentasikan nyawa,” tandas Wiku.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *