Kaki bengkak saat hamil? Ini 4 cara mengatasinya

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Kaki bengkak saat hamil merupakan suatu kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Anda tak perlu khawatir jika mengalaminya juga. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan beberapa cara yang mudah untuk dicoba.

Kaki bengkak bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Pertama, hormon progesteron mengalami peningkatan saat hamil. Hal itu membuat pencernaan melambat sehingga perut menjadi kembung. Efek lainnya adalah beberapa bagian tubuh mengalami pembengkakan, tak terkecuali kaki.

Kedua, hamil membuat darah dan cairan dalam tubuh meningkat. Seiring bertambahnya usia kehamilan, aliran darah dari kaki menjadi kesulitan untuk kembali ke jantung. Hal itulah yang membuat kaki bengkak. Supaya kondisi tubuh tetap terjaga, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan.

Kurangi Konsumsi Sodium

Mengutip dari Healthline (healthline.com), salah satu cara mengatasi kaki bengkak adalah dengan mengurangi asupan sodium atau garam. Alasannya karena garam membuat tubuh menahan lebih banyak air.

Baca Juga: Tidak perlu takut, inilah 7 manfaat berhubungan seks saat hamil

Usahakan untuk tidak menambah garam pada makanan yang Anda santap. Selain itu, cobalah untuk menghindari makanan kaleng atau jenis makanan lain yang mengandung banyak sodium. Alih-alih memakai garam, cobalah untuk memakai rempah untuk menambah cita rasa makanan.

Kurangi Kafein

Mengurangi konsumsi kafein bisa jadi salah satu cara mengatasi kaki bengkak saat hamil.

Kaki bengkak saat hamil juga bisa Anda atasi dengan mengurangi konsumsi kafein, lo. Selain itu, mengonsumsi kafein berlebih selama hamil juga tak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Kafein memiliki efek diuretik yang membuat Anda sering buang air kecil. Hal itu diartikan tubuh sebagai sinyal untuk menahan lebih banyak air sehingga kaki Anda bengkak. Jika Anda ingin minum kopi, cobalah untuk minum decaf coffee atau kopi tanpa kafein.

Minum Banyak Air

Healthline merekomendasikan Anda untuk minum lebih banyak air supaya kaki tidak bengkak selama hamil. Saat dehidrasi, tubuh berpikir untuk menahan lebih banyak air. Artinya, menghindari dehidrasi selama hamil penting untuk dilakukan.

Cobalah untuk minum 10 gelas air putih setiap hari. Selain menghindari kaki bengkak, minum banyak air juga membantu ginjal untuk mengeluarkan zat racun yang bisa mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: 5 Rekomendasi makanan untuk ibu menyusui, lezat dan penuh gizi

Gunakan Pakaian yang Longgar

Selain cara-cara di atas, kaki bengkak saat hamil juga bisa diatasi dengan memakai pakaian longgar. Pakaian yang ketat justru dapat memperparah pembengkakan karena aliran darah menjadi lebih terganggu.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *