Gejala, penyebab, dan cara mencegah infeksi ginjal yang perlu Anda tahu

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Infeksi ginjal atau pielonefritis adalah salah satu jenis infeksi saluran kemih. Umumnya, bakteri menginfeksi uretra dan kandung kemih terlebih dahulu kemudian menyebar ke salah satu atau kedua bagian ginjal.

Infeksi bakteri perlu diatasi dengan cara yang tepat. Jika tidak, ginjal Anda bisa rusak. Bahkan, bakteri juga bisa masuk ke aliran darah sehingga mengancam nyawa Anda yang disebut dengan istilah septisimia atau keracunan darah.

Komplikasi lain pun bisa Anda alami jika infeksi terlambat ditangani. Misalnya, sakit ginjal kronis dan komplikasi saat hamil. Infeksi yang dialami wanita hamil bisa mengakibatkan bayi yang dilahirkan memiliki berat badan di bawah batas normal.

Gejala Infeksi Ginjal

Umumnya, Anda mengalami beberapa gejala saat bakteri menginfeksi ginjal Anda. Mulai dari mual, muntah, demam, sakit perut, sering buang air kecil dan muncul sensasi terbakar saat melakukannya. Bahkan, Anda juga bisa mengeluarkan urin yang bercampur dengan darah dan berbau tak sedap.

Baca Juga: 5 buah-buahan tropis yang memiliki manfaat bagus bagi kesehatan

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Jangan menunda jadwal konsultasi karena justru bisa memperburuk kondisi kesehatan Anda. Nantinya, dokter akan memberi perawatan sesuai dengan kondisi Anda.

Penyebab Infeksi Ginjal

Selain menginfeksi melalui uretra, Mayo Clinic (mayoclinic.org) menyebutkan bahwa infeksi juga bisa berasal dari bagian tubuh yang lain. Meski jarang terjadi, tapi kondisi itu lebih mudah dialami oleh Anda yang memiliki sendi buatan dan gangguan pada katup jantung.

Anda juga perlu berhati-hati terhadap faktor lain yang bisa meningkatkan risiko terinfeksi bakteri. Beberapa faktor yang dimaksud adalah jenis kelamin, kondisi sistem imun, dan kondisi kesehatan yang lain.

Baca Juga: Mengacu jenis batu ginjal, berikut makanan penyebab batu ginjal

Wanita cenderung lebih mudah terinfeksi karena memiliki ukuran uretra yang lebih pendek daripada pria. Setelah menginfeksi uretra, bakteri menjadi lebih mudah pula menyebar di kandung kemih dan ginjal. Penderita batu ginjal, AIDS, dan masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan kondisi ginjal juga lebih rentan terinfeksi.

Cara Mencegah Infeksi Ginjal

Untuk menghindari infeksi pada ginjal Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Mayo Clinic merekomendasikan Anda untuk minum banyak air putih sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, jangan menunda keinginan buang air kecil. Mengurangi penggunakan produk feminin di area genital juga perlu Anda lakukan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *