Android 12 dikabarkan lebih hemat memori HP, ini penjelasannya

Posted on


Wayanggolek.net – Android 12 dikabarkan bakal memiliki fitur canggih yang bisa menghemat memori HP. Kira-kira seperti apa fitur tersebut?

Sistem operasi Android hingga saat ini sudah cukup banyak versinya. Bahkan yang terbaru sudah memasuki Android 11 ternyata belum semua smartphone mendapatkan update tersebut.

Berbicara tentang Android, kabarnya versi selanjutnya yakni Android 12 bakal memiliki fitur canggih untuk menghemat memori HP. Mengutip dari 9to5Google.com, Android 12 bakal berlakukan hibernasi untuk aplikasi tertentu yang jarang digunakan.

Berdasarkan laporan dari XDA, Google menambahkan fitur canggih tersebut ke Android 12. Dengan demikian, aplikasi yang sedang hibernasi tidak bakal mengalami perubahan apapun termasuk ukuran memori.

Sederhananya aplikasi tersebut seperti sedia kala sehingga tidak mendapatkan update atau apapun itu sehingga ukurannya tidak membengkak.

XDA berspekulasi bahwa Android 12 bakal mengompres file APK dan seluruh resource-nya ketika sistem menganggap hibernasi.

Cuplikan kode fitur Hibernasi Android 12

Sayangnya belum ada bukti yang begitu kuat selain cuplikan kode yang ditemukan oleh XDA.

Seperti yang kita ketahui, tidak jarang ukuran aplikasi di Android membengkak dari tahun ke tahun. Oleh karena itu fitur ini diharapkan bisa menjadi solusi untuk memori HP yang cepat penuh.

Meskipun demikian, ini masih belum tahap final jadi kemungkinan masih ada beberapa perubahan kelak. Demikian pula, Android 12 juga masih belum diketahui kapan rilisnya.

Berdasarkan rumor yang beredar, Android 12 dikabarkan bakal mendarat bulan September 2021. Ya, masih cukup lama namun cukup menanti kehadirannya kelak.

 

 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *