Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya bisa pakai 4 bahan ini

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Jerawat beserta bekasnya sering kali jadi masalah kulit yang sulit dihadapi oleh banyak orang. Ada banyak cara menghilangkan jerawat dan bekasnya yang bisa Anda coba selain memakai perawatan di salon kecantikan, yaitu dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Kemunculan jerawat terjadi karena pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih dan kotoran. Saat terkontaminasi dengan bakteri, penyumbatan itu bisa berkembang menjadi jerawat. Terkadang, Anda pun merasa sakit karena masalah kulit itu.

Banyaknya minyak alami yang diproduksi kulit Anda dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Mulai dari gen, stres, perubahan hormon, makanan yang Anda konsumsi, dan kebiasaan sehari-hari. Hal itu masih diperparah dengan adanya polusi dan sumber kotoran lainnya.

Seperti yang telah dikatakan, Anda bisa memakai bahan alami supaya masalah jerawat bisa teratasi dengan baik. Anda bisa memanfaatkan cuka apel, madu, kayu manis, tea tree oil, dan lain sebagainya. Untuk menghindari efek samping, ada baiknya untuk tetap beronsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat dengan bahan alami

Cuka Apel

Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa cuka apel mengandung zat asam organik yang efektif membasmi bakteri penyebab jerawat. Namun, Anda perlu berhati-hati ketika memakai cuka apel karena bisa menyebabkan iritasi. Anda disarankan untuk melakukan uji coba untuk melihat reaksi kulit.

Sebagai obat jerawat, Anda perlu mencampur cuka apel dan air dengan perbandingan 1:3. Aplikasikan campuran itu pada bagian kulit yang berjerawat lalu diamkan dulu selama lima hingga 20 detik. Setelah itu, bilas dengan air. Anda bisa mengulanginya sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari.

Madu dan Kayu Manis

Salah satu cara menghilangkan jerawat dan bekasnya adalah dengan memakai madu.

Sama seperti cuka apel, madu dan kayu manis juga mampu melawan bakteri dan inflamasi akibat jerawat. Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan bahan alami tersebut cukup mudah. Pertama, campur 2 sdm madu dan 1 sdt bubuk kayu manis.

Aduk kedua bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Oleskan campuran yang sudah jadi pada wajah yang sudah dibersihkan selama 10 hingga 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih lalu keringkan wajah menggunakan handuk.

Baca Juga: Bisa mengurangi tanda-tanda penuaan, begini 4 manfaat madu untuk wajah

Tea Tree Oil

Cara menghilangkan jerawat dan bekasnya juga bisa Anda lakukan dengan tea tree oil, lo. Bahan alami ini memiliki kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang mampu mengatasi masalah jerawat Anda. Caranya, campur tea tree oil dan air dengan perbandingan 1:9.

Aplikasikan campuran tersebut pada bagian kulit berjerawat menggunakan kapas. Anda bisa mengulanginya sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Tambahkan pelembab supaya kulit Anda tak kering.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *