Kaya antioksidan, inilah manfaat anggur hitam untuk kesehatan

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Anggur hitam adalah salah satu jenis buah anggur yang memiliki segudang manfaat. Manfaat anggur hitam berasal dari kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral penting lain yang dibutuhkan tubuh untuk bisa berfungsi secara normal.

Mengutip dari Web MD (webmd.com), bahan kimia dalam anggur hitam berguna untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, jantung, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Bahkan, anggur hitam juga mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

Biasanya, anggur hitam diolah menjadi wine. Namun, Anda tetap bisa mengonsumsinya secara langsung untuk camilan atau mengolahnya menjadi salad. Pastikan untuk mengolahnya dengan cara yang benar tanpa diberi pemanis buatan supaya manfaatnya masih bisa terasa.

Dalam setengah gelas anggur hitam, Anda bisa mendapat 0 g kolesterol, 7 g gula alami, 8 g karbohidrat, dan 31 kalori. Tak hanya itu, Anda juga bisa mendapat manfaat lain yang berasal dari vitamin K, vitamin C, potasium, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Inilah 4 makanan pemicu kanker, bijaklah dalam konsumsi

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Resveratrol, salah satu antioksidan yang terdapat dalam anggur hitam, berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan efek tersebut.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tak hanya berguna untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, manfaat anggur hitam lainnya adalah menjaga kesehatan jantung. Resveratrol berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan mengurangi kolesterol sehingga kesehatan jantung bisa meningkat.

Memperlambat Perkembangan Penyakit Alzheimer

Manfaat anggur hitam selanjutnya cocok digunakan oleh penderita penyakit alzheimer. Resveratrol berpengaruh pada kesehatan otak. Pada sebuah penelitian, kondisi memori dan fungsi otak tikus percobaan menjadi lebih baik setelah diberi anggur hitam.

Baca Juga: Ingin menurunkan berat badan? Coba 4 resep salad buah ini, yuk

Mengatasi Obesitas

Salah satu manfaat anggur hitam adalah mengatasi obesitas.

Web MD mengatakan bahwa resveratrol juga memiliki efek antiobesitas sehingga cocok digunakan untuk menurunkan berat badan Anda. Fungsi tersebut masih bisa dimaksimalkan karena kandungan lain yang bernama pterostilbene.

Kedua kandungan itu mampu membantu tubuh meningkatkan bakteri usus dan mengatur energi. Meski demikian, fakta tersebut baru didapat dari uji coba laboratorium yang melibatkan hewan percobaan. Jadi, diperlukan penelitian lain untuk membuktikan efek tersebut pada manusia.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *