5 Manfaat jahe merah sebagai obat herbal

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Jahe merah populer sebagai obat herbal untuk obat kuat. Nyatanya, jahe merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. 

Jahe merah, salah satu rempah-rempah yang populer di tanah air. Jahe merah memiliki cita rasa yang pedas dan bersifat hangat. 

Baca Juga: 7 Manfaat bawang merah untuk kesehatan: obat demam sampai mencegah kanker

Umumnya jahe merah dikonsumsi dengan cara diseduh dengan air panas. Wedang jahe merah nikmat diminum saat malam hari atau saat udara sedang dingin. 

Sebab, wedang jahe merah bisa menghangatkan tubuh Anda. Asal tahu saja, jahe merah tidak hanya bermanfaat untuk menghangat tubuh tapi juga sebagai obat herbal. 

Melansir dari buku berjudul Tumbuhan Obat dan Khasiatnya, karya Arief Hariana, jahe merah mengandung gingerol, limonene, aspartic, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, dan farnesol. 

Tidak hanya itu jahe merah memiliki efek farmalogis memperlambat proses penuaan dan merangsang regenerasi sel kulit.

Hal inilah yang membuat jahe merah kerab dimanfaat sebagai obat herbal. 

Manfaat jahe merah sebagai obat herbal 
Obat herbal memang jadi idola sebagian orang di tanah air. Alasannya, obat herbal dianggap lebih aman dikonsumsi dan minim efek samping. 

Jahe merah sudah banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Dari semua bagian tanaman jahe, rimpang jahe yang banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. 

Berikut manfaat jahe merah sebagai obat herbal 

1. Obat kuat 

Salah satu manfaat jahe merah adalah meningkatkan gairah seksual. Jahe merah bisa jadi solusi untuk Anda yang tidak ingin minum obat kuat kimia. 

Cara membuat obat herbal ini cukup mudah, berikut bahan dan cara membuatnya. 

Bahan 

  • Jahe merah 10 gram 
  • Biji kucai 10 gram 
  • Biji pare kering 10 gram
  • Merica 15 butir
  • Gula merah 1 sendok teh. 
  • Air 2 gelas

Cara membuat

Anda haluskan jahe merah, biji kucai, biji pare, merica, dan gula merah. Setelah itu, Anda rebus semua bahan tersebut dengan dua gelas air sampai mendidih dan menyisahkan satu gelas air. 

Anda minum obat herbal tersebut selagi hangat. Anda bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari dengan takaran yang sama. 

2. Batuk kering menahun 

Jahe merah mengandung minyak atsiri yang bisa meredakan batuk. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa makan jahe merah ukuran kecil secara langsung tiga kali sehari. 

Usahakan Anda menguyah jahe merah sampai lembut dan menelas air jahe merah. 

3. Meredakan nyeri lutut 

Mengutip dari Kompas.com, jahe merah bersifat antiradang. Penelitian yang dilakukan di Iran dan Amerika dinyatakan jahe merah memiliki efek seperti ibuprofen dalam mengatasi gejala osteoartritis. 

Konsumsi jahe merah dipercaya bisa mengurangi rasa nyeri pada lutut.  

4. Obat gatal, luka lecet, dan luka akibat senjata tajam 

Banyak faktor yang membuat permukaan kulit menjadi gatal, salah satunya akibat terkena gigitan serangga. 

Daripada terus menggaruk kulit yang terasa gatal, Anda bisa mengobatinya dengan menempelkan campuran jahe merah dan bawang merah yang ditumbuk halus di atas permukaan kulit yang gatal. 

Anda bisa menempelkan ramuan herbal tersebut secara rutin sampai gatal hilang. Selain mengobati gatal, obat herbal tersebut juga efektif menyembuhkan luka lecet dan luka berdarah akibat senjata tajam. 

5. Meningkatkan daya tahan tubuh 

Jahe merah dipercaya bisa meningkatkan sistem imunitas alias daya tahan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda bisa menyiapkan beberapa bahan di bawah ini. 

  • Jahe merah 20 gram 
  • Temulawak 20 gram 
  • Lempuyang wangi 20 gram 
  • Biji ketumbar 10 gram 

Cara membuat 
Anda cuci sampai bersih jahe merah, temulawak, dan lempuyang wangi. Setelah itu Anda keringkan seluruh bahan tersebut. 

Selanjutnya, Anda tumbuk semua bahan sampai halus atau berubah bentuk menjadi bubuk. 

Anda seduh satu sendok makan bubuk obat herbal tersebut dengan 1/2 gelas air panas. Anda bisa tambahkan madu dan aduk rata lalu minum dengan segera. Anda bisa minum obat herbal tersebut dua kali sehari.  

Baca Juga: 8 Manfaat kunyit sebagai obat herbal untuk batuk sampai mencegah kanker

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *