4 Cara mencerahkan wajah kusam secara alami, mudah dan efektif

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Kulit yang kusam membuat wajah Anda terlihat kurang sehat dan tidak cerah. Bahkan, wajah kusam bisa membuat penampilan Anda menjadi kurang maksimal. Untuk mengatasi hal tersebut, ada banyak cara mencerahkan wajah kusam secara alami yang bisa Anda lakukan.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit wajah Anda menjadi kusam. Mulai dari paparan sinar matahari berlebih, pola hidup yang tidak sehat, kurang olahraga, dan lain sebagainya. Sering mengalami dehidrasi pun bisa menyebabkan hal yang sama.

Maka dari itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan Anda tiap hari. Mengonsumsi makanan bergizi yang kaya nutrisi juga bisa Anda jadikan pilihan supaya kondisi kulit menjadi lebih baik.

Jika Anda kesulitan untuk menerapkan pola hidup sehat yang sesuai dengan kondisi Anda, tak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan dokter. Sebelum itu, cobalah untuk mengatasi masalah kulit kusam dengan bahan-bahan alami ini.

Baca Juga: Membuat wajah lebih cerah, inilah manfaat masker spirulina

Lemon

Bahan alami pertama yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan warna kulit adalah lemon. Melansir dari Hindustan Times (hindustantimes.com), lemon mengandung banyak antioksidan dan antipigmentasi yang mampu memberikan manfaat itu.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, oleskan air lemon pada wajah menggunakan kapas. Setelah itu, diamkan dulu selama 15 hingga 20 menit sebelum membilasnya dengan air. Anda bisa melakukan cara tersebut sebanyak dua kali dalam seminggu.

Yogurt dan Madu

Cara mencerahkan wajah kusam secara alami selanjutnya adalah dengan memakai yogurt dan madu. Kedua bahan tersebut efektif menyamarkan noda hitam, mencerahkan wajah, dan melembabkan kulit. Dengan memakainya secara rutin, kulit Anda akan terasa semakin lembut.

Anda perlu mencampur madu dan yogurt hingga berbentuk pasta. Gunakan campuran itu pada wajah selama 10 hingga 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda juga bisa hanya memakai madu saja pada wajah selama 10 sampai 15 menit lalu bilas menggunakan air.

Lidah Buaya

Salah satu cara mencerahkan wajah kusam secara alami adalah menggunakan lidah buaya.

Hindustan Times mengatakan bahwa lidah buaya mampu mencerahkan warna kulit Anda yang kusam karena mengandung tyrosinase. Cukup aplikasikan gel lidah buaya pada wajah selama 15 hingga 20 menit, kemudian bilas dengan air.

Baca Juga: Tips mengatasi kulit kusam dengan cara sederhana

Timun

Selain bahan-bahan di atas, timun juga bisa digunakan sebagai cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Tak hanya mencerahkan, kandungan dalam timun juga mampu memberikan sensasi dingin sehingga kondisi kesehatan kulit meningkat.

Caranya, remukkan setengah timun lalu campur dengan 1 sdm gel lidah buaya. Aduk secara merata hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *