Catat, inilah daftar buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Memerhatikan asupan gizi selama kehamilan tak hanya baik untuk kesehatan ibu hamil, tapi juga berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan janin. Salah satu sumber makanan yang perlu Anda konsumsi adalah buah dan sayur yang baik untuk ibu hamil.

Makan sayur bisa mencegah Anda dari sembelit dan berat badan yang meningkat. Jika berat badan Anda terus bertambah, ada beberapa risiko yang perlu Anda hadapi. Misalnya, persalinan prematur, obesitas pada bayi yang baru lahir, dan lain sebagainya.

Sebelum mengetahui buah dan sayur apa yang perlu Anda konsumsi, jenis makanan lain juga tak boleh Anda lupakan selama hamil. Usahakan untuk mengonsumsi susu dan produk olahan susu lainnya saat hamil supaya kebutuhan kalsium terpenuhi.

Tak hanya itu, makan produk olahan susu juga mampu mencukupi kebutuhan magneisum, vitamin B, fosfor, dan zinc yang penting untuk tubuh. Supaya kesehatan Anda selama kehamilan semakin terjaga, cobalah untuk mengonsumsi rekomendasi sayur dan buah yang baik untuk ibu hamil ini.

Baca Juga: 5 Cara agar bayi terlahir cerdas, apa saja yang harus dilakukan?

Bayam

Mustela (mustelausa.com) mengatakan bahwa bayam adalah sayur yang baik untuk ibu hamil. Bahan alami tersebut mengandung banyak vitamin B dan folat yang berguna untuk menjaga kesehatan janin dan mencegah kerusakan pada sumsum tulang belakang dan otaknya.

Kacang-Kacangan

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya yang perlu Anda konsumsi adalah kacang-kacangan. Jenis makanan ini mengandung banyak serat, zat besi, protein, dan nutrisi penting lainnya yang Anda butuhkan selama kehamilan.

Alpukat

Selain sayur yang baik untuk ibu hamil, alpukat juga penting untuk dikonsumsi secara rutin.

Selain bayam dan kacang-kacangan, alpukat juga termasuk dalam makanan yang baik untuk ibu hamil. Mengutip dari Mustela, alpukat kaya akan lemak sehat, potasium, dan folat yang berguna untuk perkembangan kulit dan otak bayi.

Baca Juga: 5 Rekomendasi makanan untuk ibu menyusui, lezat dan penuh gizi

Buah Beri

Buah beri tidak boleh ketinggalan dari daftar makanan sehat ibu hamil. Jenis buah ini mengandung banyak air, antioksidan, serat, dan vitamin C yang membantu tubuh untuk menyerap zat besi dengan lebih baik.

Saat Anda mengonsumsi buah beri secara rutin, kesehatan kulit dan daya tahan tubuh bayi akan menjadi lebih baik pula. Cobalah untuk mengonsumsi buah beri sebagai camilan. Selain membuat kenyang, buah beri juga dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *