Waspada, 8 benda ini lebih kotor ketimbang toilet

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Membersihkan diri dengan mandi atau mencuci tangan merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk menjamin kebersihan dan kesehatan tubuh. Namun, membersihkan barang-barang yang biasa digunakan sehari-hari juga penting dilakukan.

Kuman dan bakteri bisa berasal dari mana saja, termasuk barang-barang yang kita gunakan. Banyak dari kita tidak menyadari bahwa ada banyak hal di sekitar rumah yang menyimpan banyak kuman dan bakteri.

Bahkan beberapa barang tersebut, mengandung lebih banyak bakteri daripada toilet. Tetapi karena kita tidak menyadari betapa kotornya barang-barang tersebut sehingga tidak sering dibersihkan. Berikut 8 barang di sekitar kita yang dapat mengancam kesehatan diri, dan harus dibersihkan. 

1. Telepon genggam

Pada era kemajuan saat ini telepon genggam menjadi salah satu barang yang selalu dibawa dan digunakan. Karena digunakan setiap hari, tentu saja menyimpan banyak kuman dan bakteri. Kita harus membersihkannya secara rutin.

Gunakan sedikit alkohol atau disinfektan khusus barang elektronik pada kain bebas serat mikro, kemudian gosok perlahan. Jangan lupa bersihkan juga earbud dan aksesori lainnya.

Baca Juga: Stop lakukan ini supaya terhindari dari infeksi virus Corona

2. Keyboard dan remote control

Tren pencarian rumah secara daring selama pandemi meningkat. Keyboard laptop, komputer, dan remote control TV dan AC biasanya lupa untuk dibersihkan. Padahal, barang-barang itu sangat familiar dan sering kita gunakan terutama ketika berada di rumah.

Sama seperti telepon genggam, alat-alat seperti itu meski kelihatannya bersih dan tanpa noda, tetapi masih menyimpan kotoran dan bakteri. Bakteri dan kuman berukuran sangat kecil sehingga sulit untuk dilihat secara kasat mata.

Karenanya, keyboard laptop dan remote control TV dan AC harus dibersihkan. Pembersihan mudah dilakukan dengan menggunakan lap disinfektan yang dibuat khusus untuk barang elektronik. Ini harus dilakukan setidaknya setiap hari dan lebih sering jika kita terkena virus atau infeksi.

Baca Juga: Banyak tetangga terkena Covid-19, simak cara mencegah virus corona masuk ke rumah

3. Gagang pintu kamar mandi

Apakah semua orang di rumah Anda mencuci tangan setelah dari kamar mandi, bersin, atau menyiapkan makanan? Mungkin tidak. Bukan hanya gagang pintu kamar mandi yang penuh dengan bakteri atau sarat virus, tetapi semua gagang pintu, sakelar lampu, dan keypad elektronik ada di sekitar rumah.

Anda dapat membersihkannya dengan cepat menggunakan lap disinfektan. Kemudian Anda juga harus pastikan untuk menggunakan satu lap per gagang pintu kamar. Satu lap tidak akan mendisinfeksi seluruh rumah yang penuh bakteri dan kuman.

4. Talenan

Bakteri yang terbawa makanan di dapur adalah penyebab dari banyaknya penyakit paling umum di rumah. Kontaminasi silang dari makanan mentah, makanan yang salah penanganan, produk yang tidak dicuci, dan suhu makanan yang tidak tepat semuanya merupakan tempat berkembangbiaknya bakteri.

Talenan, terutama yang terbuat dari kayu, adalah salah satu penyebab paling buruk karena bakteri dapat menempel di potongan kecil dan torehan permukaan. Talenan harus dicuci dengan air sabun yang panas setelah digunakan dan harus ada papan terpisah untuk daging dan sayuran.

Baca Juga: Lebih praktis, pilih hand sanitizer ketimbang sarung tangan untuk pelindung tangan

Editor: Wahyu T.Rahmawati



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *