Rekomendasi cemilan ibu hamil yang lezat dan mudah didapat

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Selama menjalani masa kehamilan, asupan nutrisi setiap hari perlu diperhatikan dengan baik. Tak hanya makan besar, cemilan ibu hamil pun perlu mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh supaya kesehatan terjaga.

Namun, ada banyak jenis makanan yang sulit dikonsumsi ibu hamil. Biasanya, aroma dan tampilannya bisa membuat mual. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa jenis makanan ringan yang bisa Anda jadikan pilihan.

Dengan mengonsumsi camilan, tak hanya kebutuhan nutrisi selama kehamilan yang akan tercukupi, rasa lapar yang Anda alami pun bisa teratasi. Hal itu akan membuat Anda lebih berenergi untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Sebaiknya, konsumsi camilan yang mengandung protein, folat, kalsium, vitamin B12, zat besi, dan asam lemak omega-3. Ada banyak sumber makanan yang mengandung nutrisi-nutrisi tersebut, seperti selai kacang, anggur, yogurt, keju, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Studi baru: Wanita hamil trimester 3 yang terinfeksi corona, tidak menular ke bayinya

Anggur

Anggur adalah salah satu jenis buah yang kaya akan vitamin K, antioksidan, vitamin C, dan nutrisi penting lainnya yang Anda butuhkan ketika hamil. Kombinasikan anggur dengan sumber makanan yang memiliki banyak lemak sehat dan protein supaya Anda bisa merasa kenyang.

Yogurt

Melansir Healthline (healthline.com), Anda bisa mengonsumsi yogurt selama hamil. Produk olahan susu ini mengandung kalsium, protein, dan probiotik yang mampu menjaga kesehatan tubuh. Namun, pastikan untuk memilih yogurt tanpa pemanis buatan supaya efeknya bisa lebih maksimal.

Keju

Keju adalah salah satu cemilan ibu hamil yang bisa dijadikan pilihan.

Tak hanya yogurt, keju adalah cemilan ibu hamil lainnya yang mengandung banyak kalsium dan protein. Anda bisa mengkombinasikannya dengan sumber makanan lain, seperti roti, pisang, madu, tomat, dan biskuit.

Biskuit dapat Anda jadikan pilihan untuk mengurangi rasa lapar saat Anda tidak nafsu makan atau mual selama kehamilan. Dengan mengonsumsi biskuit, perut Anda jadi tidak kosong sehingga mual bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: 4 Manfaat air kelapa untuk ibu hamil ini tidak boleh dilewatkan

Selai Kacang, Buah Pir, Chia Seed

Healthline merekomendasikan kombinasi selai kacang dan buah pir sebagai cemilan ibu hamil. Jangan lupa untuk menambahkan chia seed. Serat dalam bahan alami tersebut berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Misalnya, menghindarkan Anda dari sembelit.

Tak hanya mengandung serat, chia seed juga memiliki magnesium yang bermanfaat untuk mengontrol gula darah dan sistem saraf. Caranya, potong buah pir menjadi delapan bagian. Setelah itu, oleskan selai kacang dan taburkan chia seed di atasnya.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *