Menjaga kesehatan jantung, inilah manfaat daun salam untuk kesehatan

Posted on


Wayanggolek.net – Saat mengonsumsinya secara rutin, Anda bisa mendapat banyak manfaat daun salam. Bahan alami ini berguna untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi stres, dan lain-lain.

Tak hanya digunakan dalam berbagai macam hidangan, daun salam juga bisa dimanfaatkan sebagai aromaterapi dan menyembuhkan masalah sistem pernapasan, lo. Efek daun salam itu berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Melansir Organic Facts, Anda bisa mendapat 7,61 gram protein, 74,97 gram karbohidrat, dan 26,3 gram serat dalam 100 gram daun salam. Tidak berhenti sampai di situ, daun salam juga mengandung energi, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin serta mineral yang lain.

Dengan banyaknya manfaat yang bisa didapat dari daun salam, tak ada salahnya untuk mengonsumsi bahan alami tersebut secara rutin. Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam hidangan atau bentuk lainnya sesuai dengan keinginan Anda untuk merasakan kegunaannya.

Baca Juga: 4 Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh, bisa turunkan darah tinggi

Berikut manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh:

Mengatasi masalah sistem pencernaan

Dengan mengonsumsi daun salam secara rutin, beberapa masalah sistem pencernaan bisa teratasi dengan baik. Beberapa kondisi yang bisa diatasi dengan daun salam adalah sakit perut, infeksi gastrointestinal, perut kembung, dan sembelit, diare.

Meningkatkan kesehatan rambut

Salah satu manfaat daun salam adalah mengatasi ketombe dan rambut rontok.

Manfaat daun salam selanjutnya adalah mengatasi ketombe dan rambut rontok karena mampu meningkatkan kesehatan folikel rambut. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Pertama, rebus daun salam lalu gosokkan pada kulit kepala dan rambut setelah Anda mencuci rambut.

Bahan kimia dan kandungan bernutrisi lain dalam daun salam mampu melembabkan rambut dan menghilangkan ketombe. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan efek tersebut.

Baca Juga: 5 resep yang paling banyak dicari di Google sepanjang tahun 2020

Menjaga kesehatan jantung

Menurut Organic Facts, asam caffeic dan rutin merupakan senyawa alami yang dimiliki daun salam untuk menjaga kesehatan jantung.

Rutin berfungsi untuk menguatkan kapiler dinding jantung. Sedangkan asam caffeic berperan untuk menghilangkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengurangi stres

Salah satu manfaat daun salam berguna sebagai aromaterapi. Linalool dalam daun salam berguna untuk menurunkan hormon stres. Dengan begitu, rasa cemas dan kondisi psikologis lainnya bisa teratasi dengan baik.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *