Bisa pakai bahan alami, inilah 4 cara agar bibir tidak kering

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Bibir kering adalah salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Seiring berjalannya waktu, masalah tersebut bisa membuat bibir terlihat jadi lebih hitam. Untuk mengatasinya, cara agar bibir tidak kering perlu Anda lakukan.

Kelenjar minyak di area bibir tak sebanyak bagian kulit yang lain. Hal itulah yang membuatnya mudah kering, pecah, dan mengelupas. Apalagi jika lingkungan tempat tinggal Anda memiliki udara yang kering dan suhunya terlalu panas atau dingin.

Anda membutuhkan pelembab tambahan supaya masalah-masalah tersebut bisa teratasi. Selain itu, cobalah untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti banyak minum air putih dan menghentikan kebiasaan merokok.

Melakukan eksfoliasi juga perlu Anda lakukan secara rutin. Anda bisa memakai eksfoliator yang dijual di pasaran atau menggunakan bahan alami, seperti gula dan baking soda. Tak hanya itu, masih banyak lagi cara-cara yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Inilah 4 faktor penyebab mulut terasa pahit

Lip Balm

Lip balm adalah salah satu produk yang bisa dipakai sebagai cara agar bibir tidak kering. Namun, Anda perlu memerhatikan bahan dasar dari lip balm yang Anda gunakan. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan ada beberapa bahan yang perlu Anda hindari.

Salah satunya adalah lip balm yang mengandung mint dan mentol. Meski terasa menyejukkan, mint dapat membuat bibir menjadi lebih kering. Cobalah untuk memakai lip balm dengan kandungan petroleum, lanolin, atau beeswax.

Bahan Alami

Bahan alami pertama yang bisa Anda pakai untuk mengatasi bibir kering adalah lidah buaya. Bahan alami ini mengandung vitamin, mineral, antiinflamasi, dan antioksidan yang mampu memperbaiki kulit yang rusak.

Selain lidah buaya, masih banyak bahan alami lain yang mudah dipakai untuk mengatasi bibir kering. Misalnya, minyak kelapa, kelapa, madu, teh hijau, dan timun. Selain melembabkan dan melembutkan, bahan-bahan tersebut juga mampu mencegah infeksi pada bibir Anda.

Baca Juga: Catat, inilah 5 penyebab bibir bengkak yang perlu Anda perhatikan

Hindari Dehidrasi

Minum air putih yang cukup bisa jadi cara agar bibir tidak kering.

Cara agar bibir tidak kering selanjutnya bisa Anda lakukan dengan minum banyak air putih supaya tubuh tidak dehidrasi. Tak hanya membuat kulit menjadi lebih kering, dehidrasi juga dapat membuat Anda sakit kepala. Jadi, usahakan untuk minum air putih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berhenti Merokok

Asap rokok dapat mengiritasi bibir sehingga membuatnya lebih mudah kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Tak hanya itu, merokok juga mengganggu kesehatan tubuh yang lain sehingga Anda perlu menghentikan kebiasaan itu agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *