Ini olahraga yang dapat menurunkan asam urat

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Penyakit asam urat merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh gangguan metabolisme. Gangguan metabolisme ini menyebabkan kadar asam urat dalam tubuh menjadi tinggi. 

Kadar asam urat dalam darah juga tergantung pada beberapa faktor, seperti kadar purin dalam makanan, berat badan, obat diuretik atau analgetik, faal ginjal, dan volume urine per hari. 

Meningkatnya kadar asam urat dalam darah kerap kali diikuti dengan terbentuknya timbunan kristal berupa garam urat di persendian. Kondisi inilah yang dapat menyebabkan peradangan sendi atau rasa tidak nyaman pada jari tangan, lutut, pergelangan kaki, atau jari kaki. Apabila tidak diobati, serangan asam urat dapat kambuh sewaktu-waktu hingga bisa menghambat aktivitas sehari-hari. 

Maka dari itu, penyakit asam urat perlu disembuhkan. Salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati asam urat adalah olahraga. 

Baca Juga: Infused water ceri efektif meredakan asam urat

Melansir Buku Asam Urat: Benarkah Hanya Menyerang Laki-laki karya Dokter spesialis penyaki dalam dan ketua tim kedokteran herbal RSUP dr. Sardjito-Yogyakarya, dr. Nyiman Kertia, Sp.PD-KR pada 2009, olahraga dapat menurunkan kadar asam urat dalam darah. 

Namun, olahraga yang terlalu berat malah bisa memicu serangan penyakit pirai akut. Pirai akut adalah fase akut dari penyakit akibat asam urat, saat timbul gejala-gejala nyeri sendi yang hebat, sendi tampak bengkak, merah, panas, dan kaku atau sulit digerakan. 

Baca Juga: Asam urat kumat, begini 8 cara alami menurunkannya

Olahraga yang tepat untuk menurunkan asam urat Melansir Buku Asam Urat (2011) oleh Dr. dr. Joewono Soeroso, Sp.PD-KR, M.Sc dan Hafid Algristian, S.Ked., olahraga yang bisa menurunkan asam urat adalah olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Maksudnya, olahraga yang tidak terlalu membebani tubuh. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *