Biar gampang cari materi, ini 5 trik pencarian Google yang perlu pelajar ketahui

Posted on


Wayanggolek.net – Google sudah menjadi sahabat bagi masyarakat terutama pelajar. Pencarian di Google menjadi andalan mereka untuk mendapatkan materi belajar. 

Saat menggunakan pencarian Google, tidak jarang hasil yang didapat tidak sesuai yang diinginkan. 

Sebab, Google memberikan hasil sesuai dengan kata-kata yang dimasukkan pada kolom pencarian. Jadi, artikel apapun yang mengandung kanta kunci yang Anda masukkan akan muncul. 

Misalnya, Anda ingin membaca profil Universitas Gadjah Mada, lalu memasukkan kata kunci UGM. Hasil yang dimunculkan Google beragam mulai dari sejarah hingga berita terkait UGM. 

Agar pencarian di Google lebih spesifik dan efektif, Anda bisa mencoba tips di bawah ini. Tips mencari di Google ini dihimpun dari Lifehack

Baca Juga: 10 Perguruan tinggi terbaik di Indonesia 2021, referensi SNMPTN tahun depan

  • Hasil pencarian lebih spesifik

Saat Anda memasukkan kata kunci di Google, hasil pencarian yang muncul pasti sangat beragam. Agar hasil yang muncul lebih spesifik, melansir dari Lifehack, tambahkan tanda petik dua (“) pada kata yang dicari. 

Semisal, Anda ingin mencari tentang SNMPTN 2021, jangan lupa tambahkan petik dua diawal dan di akhir frasa. Jadi masukkan “SNMPTN 2021” pada kolom pencarian Google. Hasil yang didapat akan lebih spesifik dengan cara ini. 

Kadang saat mencari di Google, hasil yang Anda dapat melenceng dari apa yang diharapkan. Contoh, saat mencari dengan kata kunci Kijang. Yang diinginkan adalah hewan kijang, tetapi Google menyajikan mobil Toyota Kijang. 

Agar hasil yang didapat adalah hewan kijang, gunakan tanda hubung lalu tulis kata pengecualian setelah kata kunci. Jadi tulis: Kijang -mobil, agar hasil yang kalian dapat adalah hewan kijang bukan mobil merk Kijang. 

Baca Juga: Macam-macam penyakit kelainan darah yang umum diderita manusia



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *