4 Manfaat air kelapa untuk ibu hamil ini tidak boleh dilewatkan

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Tak hanya terasa segar, air kelapa juga berguna untuk menambah energi dan mengganti cairan tubuh yang hilang. Tak hanya itu, air kelapa juga memiliki nutrisi penting lainnya sehingga cocok dikonsumsi oleh wanita hamil.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil bisa Anda dapat, tapi porsi yang dikonsumsi tetap perlu diperhatikan. Jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, efek samping pun bisa Anda alami karena bahan alami ini mengandung potasium dalam jumlah banyak.

Potasium yang terlalu banyak dalam tubuh bisa mengganggu ritme jantung. Tentu saja hal itu tidak berdampak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Seperti yang telah dikatakan, efek samping itu bisa dihindari dengan mengatur asupan air kelapa yang dikonsumsi selama hamil.

Melansir Mom Junction (momjunction.com), Anda bisa mendapat 19 KCal energi, 2.61 g gula, 25 mg magnesium, dan 250 mg potasium dalam 100 g air kelapa. Dengan kandungan-kandungan itu, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat.

Baca Juga: 5 Manfaat kelapa muda ini bisa Anda dapat saat mengonsumsinya secara rutin

Diuretik Alami

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang pertama adalah berperan sebagai diuretik alami. Karena frekuensi buang air kecil meningkat, semakin banyak zat racun yang bisa keluar dari tubuh Anda. Selain mencegah kelahiran prematur, air kelapa juga mampu menurunkan risiko infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat air kelapa untuk ibu hamil adalah menjaga kesehatan jantung.

Mom Junction menyebutkan bahwa air kelapa mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Jumlah asam laurat, potasium, dan magnesium bisa bertambah sehingga tekanan darah menjadi lebih terkontrol. Tak hanya itu, kolesterol baik dalam tubuh juga ikut meningkat.

Membantu Pertumbuhan Janin

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil juga berpengaruh pada pertumbuhan janin, lo. Beberapa penlitian menunjukkan bahwa air kelapa mengandung senyawa aktif biologis yang dapat memicu pertumbuhan janin dalam kandungan.

Baca Juga: 4 Makanan untuk diare ini bisa Anda jadikan pilihan

Melawan Infeksi

Tak hanya beberapa hal di atas, air kelapa berguna pula untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh. Hal itu disebabkan karena vitamin, mineral, dan antioksidan dalam air kelapa mampu meningkatkan sistem imun tubuh Anda.

Produksi antimikroba juga tetap terjaga karena adanya asam laurat dalam air kelapa. Maka dari itu, usahakan untuk mengonsumsi air kelapa secara rutin supaya manfaat-manfaat tersebut bisa Anda rasakan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *