4 Penyebab kram perut bawah yang bisa dialami wanita

Posted on


Wayanggolek.net РJAKARTA. Ada banyak hal yang menyebabkan wanita mengalami kram perut bawah. Mulai dari siklus menstruasi yang sedang terjadi hingga kondisi kesehatan lainnya. Karena ada banyak organ dan jaringan yang berada di sekitar perut bawah, penyebabnya pun tak mudah untuk ditentukan.

Jika rasa sakit dan tidak nyaman di perut bagian bawah terus Anda lakukan dalam jangka waktu lama dan tak kunjung hilang, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan memberikan beberapa pertanyaan terkait nyeri perut yang Anda rasakan.

Selain lokasi di mana nyeri terasa, berapa lama berlangsung rasa sakit juga perlu diketahui dokter supaya diagnosa bisa lebih mudah dilakukan. Selain kram, beberapa penyakit biasanya ditandai dengan gejala lain.

Misalnya, diare, muntah, dan tanda lain yang berhubungan dengan buang air kecil. Supaya Anda lebih waspada, sebaiknya cermati beberapa penyebab berikut yang bisa membuat perut bagian bawah terasa sakit.

Baca Juga: ‚ÄčKista ovarium: gejala, penyebab, dan pencegahannya

Radang Usus Buntu

Net Doctor (netdoctor.co.uk) mengatakan bahwa radang usus buntuk bisa ditandai dengan kram perut bawah. Biasanya, rasa sakit akan datang dan pergi serta menjalar ke bagian kanan perut. Setelah 24 jam, rasa sakit akan semakin parah, apalagi saat Anda bergerak.

Selain menyebabkan perut kram, radang usus buntuk juga membuat Anda merasa mual, tekstur feses yang Anda keluarkan lebih lunak, suhu tubuh Anda terganggu. Umumnya, operasi dibutuhkan untuk mengatasi kondisi kesehatan tersebut.

Nyeri Haid

Seperti yang telah dikatakan, rasa sakit perut bisa disebabkan karena nyeri haid. Rasa nyeri tersebut muncul beberapa hari sebelum menstruasi terjadi dan akan berkurang setelah beberapa hari menstruasi berlangsung.

Kista Ovarium

Melansir Net Doctor, sakit perut bagian bawah bisa dikarenakan kista ovarium. Meski demikian, nyeri jarang dirasakan oleh seseorang yang menderita penyakit tersebut dan rasa sakit akan berhilang seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Rasa nyeri akibat asam urat sangat mengganggu, redakan dengan 6 cara ini

Selain nyeri, Anda juga mengalami gejala lain, seperti perut kembung, sering buang air kecil, dan rasa sakit saat berhubungan intim. Biasanya, kista ovarium dialami oleh wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Sembelit

Sembelit juga bisa disebabkan oleh kram perut bawah, lo. Umumnya, sembelit ditandai dengan gejala lain. Misalnya, mual, nafsu makan menurun, dan perut kembung. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu minum banyak cairan dan mengonsumsi makanan berserat.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *