Watu Gendong, tempat wisata 5 batu raksasa sakral misterius

Posted on


Wayanggolek.net – Watu Gendong merupakan tempat wisata yang punya batu raksasa sakral. Tempat wisata ini berlokasi di kawasan Beji, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seperti namanya dalam bahasa Jawa, Watu Gendong memiliki arti batu yang digendong. Penamaan tempat ini dengan nama Watu Gendong dikarenakan adanya lima batu raksasa misterius yang menyebar secara beraturan di sebuah lapangan luas.

Masyarakat setempat meyakini batu-batu tersebut berasal dari Gunung Merapi yang dibawa dengan cara digendong. Lalu, meraka juga menjadikan Watu Gendong sebagai simbol sakral.

Kini, Watu Gendong terus berkembang karena peranan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat. Potensi alam Watu Gendong yang tadinya terdiri dari bebatuan vulkanik itu kini bertambah dengan adanya fasilitas outbound, bumi perkemahan, climbing, taman selfie, tracking jeep dan motor trail.

Baca Juga: Geblek Menoreh View, angkringan yang punya pemandangan sawah di Kulon Progo

Watu Gendong

Pokdarwis juga akan menambah paket-paket wisata seperti mengajak pengunjung melihat proses pembuatan wayang kulit dan mencicipi kuliner lokal.

Dengan begitu, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas ketika liburan ke tempat ini, apalagi jika pengunjung menyukai bidang geologi atau alam. Berkunjung ke Watu Gendong jangan sampai terlewatkan.

Selama masa pandemi, Watu Gendong menerapkan protokol kesehatan yang ketat seperti melakukan pengecekan suhu tubuh dengan batas tertentu, mewajibkan pengunjung mencuci tangan dengan sabun secara berkala, memakai masker dan menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

Editor: Novianti Siswandini



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *