Kuota sudah diumumkan, simak lagi cara pemeringkatan siswa eligible SNMPTN 2021

Posted on


Wayanggolek.net – Jakarta. Kuota peserta Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) 2021 sudah diumumkan. Siswa bisa melihat jumlah kuota sekolah mereka dilaman resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Melansir laman LTMPT, SNMPTN 2021 akan sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Pihak sekolah diberi wewenang untuk menentukan siapa saja siswa yang eligible untuk mengikuti SNMPTN 2021. 

Kuota peserta jalur ini bisa dilihat di laman LTMPT pada menu SNMPTN, kemudian pilih sub menu Kuota Sekolah.  Sekolah yang terakreditasi A mendapat kuota 40 persen untuk SNMPTN tahun depan.  Sekolah dengan akreditasi B mendapat 20 persen serta akreditasi C dan tidak terakreditasi mendapat kuota sebesar 5 persen. 

Pemeringkatan siswa SNMPTN 2021

Jika kuota siswa sudah ditentukan, sekolah akan melakukan pemeringkatan siswa mana yang berhak mengikuti seleksi SNMPTN 2021.  Melansir laman LTMPT, pemeringkatan dilakukan berdasarkan perhitungan beberapa mata pelajaran.

Mata pelajaran untuk pemeringkatan jurusan IPA diantaranya adalah matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, kimia, fisika, dan biologi. 

Baca Juga: 5 Cara jitu meningkatkan kemampuan manajemen waktu biar kerja lebih efektif

Untuk jurusan IPS, mata pelajaran untuk pemeringkatan adalah matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, sosiologi, ekonomi, dan geografi,

Jurusan Bahasa mata pelajaran yang digunakan adalah matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu bahasa asing. 

Untuk siswa SMK, pemeringkatan menggunakan nilai mata pelajaran matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan kompetensi keahlian. 

Jika kebetulan siswa memiliki nilai yang sama, pihak sekolah bisa menambahkan kriteria lain berupa prestasi akademik untuk menentukan pemeringkatan siswa. 

Siswa yang dinyatakan lulus SNMPTN 2021 akan ditolak untuk mendaftar UTBK. Jadi calon mahasiswa harap bijak dalam memilih universitas dan program studi di SNMPTN 2021. 

Jadwal SNMPTN 2021 

  • Peluncuran sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2021: 4 Januari 2021
  • Registrasi akun LTMPT: 4 Januari-1 Februari 2021.
  • Penetapan siswa yang memenuhi syarat oleh sekolah: 4 Januari-8 Februari 2021.
  • Pengisian PDSS: 11 Januari 2021-8 Februari 2021.
  • Pendaftaran SNMPTN: 15-24 Februari 2021.
  • Pengumuman hasil SNMPTN: 22 Maret 2021.
  • Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN: Lihat di laman PTN penerima. 

Informasi lengkap mengenai SNMPTN 2021 bisa diakses di laman https://ltmpt.ac.id/.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *