Dengan bahan yang mudah Anda temukan, ini 3 cara menghilangkan noda kuning di baju

Posted on


Wayanggolek.net – Noda kuning adalah salah satu jenis noda yang banyak ditemukan pada baju Anda. Tentu saja, cara menghilangkan noda kuning di baju perlu Anda lakukan supaya kondisi baju bisa terjaga.

Namun, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu faktor apa saja yang menyebabkan munculnya jenis noda itu.

Bisanya, noda kuning muncul di bagian ketiak karena beberapa hal, yaitu keringat, reaksi antiperspiran dengan keringat, serta pakaian yang terlalu ketat. Meski sebagian besar komposisi keringat adalah air, cairan yang dikeluarkan tubuh ini juga memiliki kandungan lain.

Amonia, asam laktat, sodium klorida, dan urea juga dapat menyebabkan noda kuning di bagian ketiak baju.

Hal yang sama juga terjadi saat keringat bereaksi dengan antiperspiran. Hal tersebut semakin parah saat Anda memakai baju yang terlalu ketat atau bahan yang tak menyerap keringat.

Untuk mengatasi hal tersebut, bersumber dari Wearnumi.com, ada beberapa cara menghilangkan noda kuning di baju. Anda tak perlu khawatir, karena bahan-bahan yang digunakan cukup mudah untuk ditemukan.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan noda tinta di baju dengan bahan yang mudah ditemukan

Baking soda dan air

Bahan pertama yang bisa Anda gunakan adalah baking soda dan air. Cara yang harus Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campurkan 4 sendok makan baking soda dengan ¼ gelas air.

Setelah teraduk rata, gosokkan campuran itu pada noda kuning. Setelah didiamkan selama satu jam, cuci memakai air dingin.

Cuka dan air

Selain baking soda, dikutip dari Wearnumi.com, cuka juga bisa menghapus noda kuning. Bahan yang Anda perlukan adalah cuka, air, dan botol semprot.

Setelah mencampurkan cuka dan air dengan porsi yang sama, semprotkan campuran itu pada noda kuning. Diamkan dulu selama satu jam sebelum mencucinya seperti biasa.

Baca Juga: 5 Cara mudah menghilangkan noda tinta di baju, tidak usah pakai pemutih!

Hidrogen peroksida dan air

Selain baking soda dan cuka, cara menghilangkan noda kuning di baju juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan hidrogen peroksida dan air. Cara yang perlu Anda lakukan pun sama dengan cara sebelumnya.

Pertama, campurkan hidrogen peroksida dengan air dalam ukuran yang sama. Setelah itu, rendam baju pada campuran itu selama 30 hingga 45 menit.

Selanjutnya, cuci dengan air dingin. Jika noda kuning masih ada, ulangi langkah-langkah tersebut.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *