Toyota C+Pod mobil listrik mungil harga Rp 200 jutaan, apa istimewanya?

Posted on


Wayanggolek.net – TOKYO. Pada Tokyo Motor Show 2019, Toyota menampilkan mobil listrik mungil bernama Toyota C+Pad. Meski saat itu mobil konsep listrik kecil itu belum memiliki nama, Toyota menyematkan nama awal dengan “Ultra-Compact BEV”. 

Kini, Toyota C+Pad telah diungkap secara resmi oleh Toyota pada pekan lalu. Produsen mobil Jepang itu dinilai tepat waktu karena berhasil mengungkapkan Toyota C+Pod versi produksi di akhir tahun 2020. 

Mobil listrik ini memiliki konsep Ultra-Compact BEV yang pernah terungkap sebelumnya. Toyota bertujuan untuk menyediakan mobil listrik yang dikemas secara ringkas. Toyota mendukung penggunaan Toyota C+Pod di perkotaan bahkan komunitas.

Melansir dari Motor1.com, Toyota C+Pod memiliki panjang 2.490 mm, lebar 1.290 mm, dan tinggi 1.550 mm. Dimensi ini dinilai membuat mobil listrik ini lebih besar dari i-ROAD, sekaligus lebih pendek dan sempit dari Smart ForTwo EQ.

Baca Juga: Toyota keluarkan mobil listrik terbaru nan mungil, harga hanya Rp 200-an juta

Keistimewaan Toyota C+Pod

Toyota C+Pod, mobil listrik Toyota terbaru

Panel eksterior Toyota C+Pod ini terbuat dari plastik untuk mengurangi berat. Hal ini yang diklaim oleh Toyota menjadi keistimewaan Toyoa C+Pod. Secara keseluruhan, mobil listrik ini hanya memiliki bobot 690 kilogram.

Toyota C+Pod berbeda dengan kendaraan listrik lainnya seperti Toyota i-ROAD. Toyota i-ROAD bisa dibilang sebagai kendaraan dengan bentuk sepeda motor tiga roda. 

Toyota C+pod mampu menampung dua orang. Mobil listrik ini merupakan kendaraan yang sempurna untuk jarak dekat. Toyota mengklaim mobil ini khusus untuk membawa beberapa barang bawaan pada ruang kecil di belakang kursi.

Baca Juga: Murah, harga mobil listrik Toyotan terbaru ini hanya Rp 200-an juta

Toyota C+Pod, interior mobil listrik Toyota terbaru

Toyota C+pod ditenagai oleh motor listrik yang mengambil daya dari baterai lithium-ion dengan daya 9,06 kWh. Mobil listrik kecil dapat mencapai hingga 150 kilometer dalam sekali pengisian daya. Tetapi, jangan berharap untuk sampai ke tujuan dalam waktu sesingkat mungkin. 

Motor listrik hanya dapat mengirimkan tenaga 12,3 horsepower (9,2 kilowatt) dan torsi 56 Nm dari roda belakang. Toyota C+Pod mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 60 km/jam.

Toyota C+pod sekarang dijual di Jepang dengan harga mulai dari 1,65 juta yen atau sekitar Rp 225 juta. Toyota belum mengungkapkan ketersediaan mobil listrik ini di pasar global.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *