Cegah stroke, inilah 4 manfaat buah belimbing

Posted on


Wayanggolek.net – Selain memiliki rasa yang segar, manfaat buah belimbing juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh Anda, lo. Manfaat itu bisa Anda dapat dengan berbagai cara. Mulai dari mengolahnya menjadi jus, memakannya secara langsung, dan jenis hidangan lainnya.

Ada banyak nutrisi yang terkandung dalam buah belimbing. Dengan mengonsumsinya secara rutin, kebutuhan nutrisi harian Anda bisa tercukupi. Dari 100 gram buah belimbing, Anda bisa mendapat 7 gram karbohidrat, 0,3 gram lemak, 1 gram protein, dan 2,8 gram serat.

Tak berhenti sampai di situ, mengutip Healthify Me, buah belimbing mengandung kalori yang sedikit. Hal itu menunjukkan, belimbing cocok Anda konsumsi saat diet sehingga berat badan bisa turun.

Buah belimbing juga mengandung banyak vitamin C, potasium, vitamin B, zat besi, dan antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa manfaat buah belimbing yang bisa Anda rasakan adalah mencegah inflamasi dan menjaga kesehatan jantung.

Baca Juga: 6 Manfaat belimbing wuluh sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui

Berikut manfaat buah belimbing untuk kesehatan:

Mencegah inflamasi

Karena mengandung antiinflamasi, buah belimbing cocok dipakai untuk mencegah berbagai macam penyakit. Misalnya, dermatitis, flu, dan pilek. Kandungan antioksidan dan vitamin C juga berguna untuk meningkatkan sistem imun sehingga tubuh menjadi lebih kuat melawan infeksi.

Menjaga kesehatan jantung

Bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi buah belimbing secara rutin. Jenis buah ini mengandung banyak potasium dan mineral penting lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

Selain potasium, buah belimbing juga kaya akan kalsium. Artinya, aliran darah dalam tubuh Anda bisa lebih terkontrol. Dengan begitu, stroke, serangan jantung, dan jenis penyakit jantung lainnya bisa Anda hindari.

Baca Juga: 6 Jus buah dan sayur yang bermanfaat sebagai obat herbal untuk darah tinggi

Mengatasi diabetes dan kolesterol

Salah satu manfaat buah belimbing adalah mengatasi diabetes.

Melansir Healthify Me, mengonsumsi buah dengan jumlah serat yang banyak mampu mengontrol jumlah gula darah dan insulin dalam tubuh. Selain itu, jumlah kolesterol juga lebih terkontrol dengan mengonsumsi buah belimbing secara rutin.

Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Manfaat buah belimbing selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan kulit dan rambut Anda. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan vitamin B dalam belimbing mampu memperbaiki sel di kulit dan rambut sehingga kulit dan rambut Anda akan terlihat lebih cerah dan berkilau.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *