Tubuh yang terinfeksi Virus Corona menunjukkan gejala ini

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Tak hanya menerapkan protokol kesehatan secara disiplin, mewaspadai gejala infeksi Virus Corona juga tak boleh Anda lupakan. Beberapa ciri tubuh yang mengalami Covid-19 adalah demam, sesak napas, anosmia, sakit tenggorokan, dan diare.

Demam

Mengutip dari Eat This, Not That! (eatthis.com), demam dan suhu tubuh yang tinggi adalah mekanisme tubuh manusia untuk mengatasi infeksi virus. Maka dari itu, saat terinfeksi Covid-19, gejala yang biasanya muncul adalah demam.

Suhu tubuh meningkat karena sistem imun berusaha untuk melawan serangan Virus Corona. Untuk mengimbangi suhu yang tinggi, tubuh akan demam supaya suhu tubuh kembali netral. Namun, tak menutup kemungkinan tubuh Anda mengalami demam tanpa memiliki suhu yang tinggi.

Sesak Napas

Sesak napas jadi ciri Virus Corona lain ketika menginfeksi tubuh Anda. Infeksi virus tersebut menyebabkan inflamasi atau peradangan di organ pernapasan, yaitu paru-paru, sehingga Anda akan kesulitan untuk bernapas.

Baca Juga: Sudah pernah terinfeksi corona, perlukah disuntik vaksin Covid-19?

Selain disebabkan karena Covid-19, sesak napas juga bisa dipicu karena Anda mengalami Acute Respiratory Distress Syndrome atau ARDS. Jika Anda mengalami sesak napas parah, segera hubungi tenaga kesehatan supaya mendapat perawatan yang tepat.

Anosmia

Anosmia atau penurunan fungsi indra penciuman menjadi gejala Covid-19 selanjuitnya yang perlu Anda waspadai. Melansir Eat This, Not That!, sebanyak 64% pasien yang positif terinfeksi Virus Corona mengalami gejala itu. Seiring berjalannya waktu kemampuan indra pencecap Anda pun mengalami penurunan.

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah gejala Covid-19 lainnya yang umum dialami oleh banyak orang. Sebuah penelitian yang melibatkan 1.420 pasien terinfeksi Virus Corona menunjukkan hal tersebut. Sebanyak 53% pasien dilaporkan mengalami sakit tenggorokan ketika terinfeksi Covid-19.

Baca Juga: ​Protokol kesehatan Libur Natal dan Tahun Baru diperketat, ini isi lengkap aturannya

Diare

Meski menyerang sistem pernapasan, tapi gejala Covid-19 juga bisa dirasakan pada sistem pencernaan. Virus Corona menyebabkan orang yang terinfeksi mengalami mual, muntah, hingga diare.

Bagi sebagian penderita Covid-19, satu-satunya gejala yang dirasakan adalah beberapa gejala tersebut. Sebuah penelitian menunjukkan, satu dari lima pasien terinfeksi Virus Corona mengalami masalah perut yang berhubungan dengan sistem pencernaan.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *