5 Manfaat gula merah yang berguna untuk kesehatan tubuh

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Manfaat gula merah berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari potaisum, kalsium, vitamin B, hingga magnesium. Dengan mencampurnya bersama makanan bergizi lain, kegunaan gula merah bisa terasa pada tubuh Anda.

Mencegah Obesitas

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan atau minuman manis, tapi khawatir mengalami penambahan berat badan, cobalah untuk mengganti gula biasa dengan gula merah. Boldsky (boldsky.com) mengatakan bahwa gula merah mengandung kalori yang lebih sedikit daripada gula biasa.

Namun, obesitas bisa benar-benar Anda hindari jika mengonsumsi gula merah dengan makanan kaya nutrisi lain. Tak hanya itu, usahakan untuk rajin olahraga supaya semakin banyak lemak dalam tubuh Anda yang terbakar.

Meredakan Nyeri Haid

Bagi sebagian wanita, nyeri haid adalah salah satu hal yang dirasakan tiap bulan. Hal itu terjadi karena dinding rahim berkontraksi dan ada banyak perubahan hormon dalam tubuh. Untuk mengatasi hal itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: 5 Manfaat petai terbaik untuk kesehatan tubuh Anda

Salah satunya adalah dengan mengonsumsi gula merah. Manfaat gula merah itu berasal dari kandungan potasium yang dapat mengendurkan otot rahim yang mengencang ketika haid. Selain mengonsumsi gula merah, cobalah untuk menggunakan kompres hangat supaya nyeri haid berkurang.

Meningkatkan Energi

Mengutip dari Boldsky, gula merah mampu berperan sebagai pembangkit energi alami dalam waktu singkat. Saat tubuh Anda terasa lemah, cobalah untuk mengonsumsi gula merah. Dengan begitu, Anda bisa melanjutkan kegiatan yang sedang Anda lakukan.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan adalah salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan setiap hari. Namun, ada kalanya sistem pencernaan Anda tak berjalan secara normal. Jika hal itu terjadi, cobalah untuk mengonsumsi gula merah.

Baca Juga: Kaya zat besi, inilah 3 minuman penambah darah

Caranya, campur gula merah dengan jahe dalam segelas air panas. Setelah suhunya turun, minum campuran air tersebut. Hasilnya, sistem pencernaan Anda menjadi lebih baik sehingga kondisi kesehatan Anda tetap terjaga.

Mengobati Luka

Tahukah Anda bahwa manfaat gula merah juga bisa digunakan untuk mengobati luka? Jenis gula ini mengandung antiseptik, antiinflamas, dan antibakteri yang mampu menyembuhkan luka di kulit Anda. Untuk mendapat manfaat itu, taburkan sejumput gula merah pada luka.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *