5 Rekomendasi makanan untuk ibu menyusui, lezat dan penuh gizi

Posted on


Wayanggolek.net – JAKARTA. Memilih makanan untuk ibu menyusui perlu dilakukan dengan cermat. Tujuannya agar kesehatan ibu menyusui dan bayinya tetap terjaga. Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi memenuhi kebutuhan lemak, mineral, vitamin, dan nutrisi lain yang dibutuhkan.

Alpukat

Parents (parents.com) mengatakan bahwa alpukat adalah salah satu jenis makanan yang perlu dikonsumsi ibu menyusui secara rutin. Hal itu disebabkan karena banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari vitamin K, folat, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E.

Selain itu, alpukat juga mengandung lemak sehat sebanyak 80%. Artinya, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kurang sehat bisa menurun. Mengonsumsi alpukat secara rutin juga bisa menjaga kesehatan badan secara keseluruhan.

Kacang

Tak hanya alpukat, kacang juga memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengonsumsi kacang secara rutin, kebutuhan ibu menyusui terhadap zat besi, kalsium, vitamin K, zinc, dan vitamin B bisa terpenuhi. Kacang juga kaya akan protein dan asam lemak yang diperlukan tubuh.

Baca Juga: 13 Manfaat daun kelor untuk kesehatan tubuh Anda

Jamur

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya yang bisa Anda konsumsi adalah jamur. Sumber makanan ini mengandung banyak beta-glukan poliskarida yang mampu meningkatkan produksi ASI. Selain jamur, jenis makanan lain yang memiliki efek sama adalah oatmeal dan rumput laut.

Sayuran Hijau

Untuk meningkatkan produksi ASI dan menjaga kesehatan tubuh, Parents merekomendasikan sayuran hijau untuk dikonsumsi ibu hamil secara rutin. Tak hanya memberikan manfaat tersebut, makan sayuran hijau juga bisa membiasakan bayi untuk terbiasa mengonsumsi makanan serupa.

Kemampuan sayuran hijau untuk meningkatkan produksi ASI berasal dari kandungan fitoestrogen. Anda tak perlu khawatir bayi akan memiliki gas yang terlalu banyak dalam perutnya. Hal itu disebabkan karena karbohidrat sayur tak bisa disalurkan melalui ASI.

Baca Juga: 7 Cara alami memperbanyak ASI, ibu tidak perlu cemas

Kunyit

Kunyit adalah salah satu makanan untuk ibu menyusui yang bisa Anda jadikan pilihan.

Kunyit adalah makanan untuk ibu menyusui selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Meski belum terbukti mampu meningkatkan produksi ASI, kandungan antiinflamasi dalam kunyit mampu menjaga kesehatan tubuh Anda.

Kandungan tersebut mampu mencegah pembengkakan kelenjar dada atau pembengkakan payudara saat ibu menyusui. Dengan mengonsumsi kunyit secara rutin, daya tahan tubuh ibu menyusui dan bayinya bisa terjaga.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *